Sabtu, 02 Maret 2013

Peralatan Geologi di Lapangan



Geologi merupakan studi yang tidak hanya belajar di dalam ruangan tapi geologi adalah ilmu yang mempelajari alam secara nyata. Di alam yang tidak sama seperti di perkotaan yang semua ada, maka seorang geologist memerlukan alat alat untuk bertahan hidup di alam bebas. Berikut beberapa alat alat yang mesti dipersiapkan oleh seorang geologist di alam.

1  Palu Geologi
             Alat ini merupakan salah satu alat vital yang mesti di bawah geologist. Yang digunakan untuk mengambil sampel batu, palu geologi di bedakan menjadi 2 jenis, yang pertama palu sedimen yang ciri-cirinya adalah ujung palunya ramping dan yang kedua palu beju yang ujung palunya berbentuk runcing. Perbedaan lainnya yaitu pada pegangan palu, pada palu beku lebih panjang pegangannya di banding palu sedimen karena untuk mengambil sampel batuan beku memerlukan tenaga yang lebih kuat dan pukulan yang lebih keras. Tapi bukan berarti karna ada perbedaan seperti ini kita hanya membawah satu palu saja, sebaiknya kita membawah kedua palu ini karna kita tidak tahu jenis batuan apa yang akan kita temukan di lapangan.

2     Kompas Geologi
                Alat yang satu ini juga sangat berarti untuk seorang geologist yang sedang berada di lapangan, alat ini bisa di gunakan untuk penunjuk arah utara dan arah sungai juga dapat digunakan untuk mengukur strike/drip dari kemiringan lapisan batuan.
Ada tata cara menggunakan Kompas Geologi.
Yang pertama : ujung kompas, selalu menunjuk ke arah utara magnetik bumi yang berwarna kuning.
Yang kedua : lingkaran pembagian derajat, dibagi menjadi dua yaitu kompas azimuth dan kwardan
      Kompas azimuth memiliki pembagian derajat mulai dari 0derajat utara sampai 360derajat (kembali    

3   Lup
          Merupakan benda kecil yang sering di gunakan untuk melihat komposisi mineral batuan, karena kadang kita menemukan batuan dengan ukuran minerak yang kecil jadi harus butuh alat bantu untuk melihatnya.

4    Global Posisition System (GPS)
GPS juga sangat penting pada saat di lapangan untuk mementukan/ mengetahui posisi kordinat kita ada dimana dan juga GPS bias digunakan untuk tracking yaitu agar kita tahu jalan yang sudah kita lewati dan ini dapat meminimalisir kemungkinan kita tersesat dan yang perlu di perhatikan yaitu batrei cadangan GPS yang mesti kita bawah.

  Buku Lapangan dan Alat tulis
Perlengkapan geologi lainnya yang juga penting adalah buku lapangan yang di gunakan untuk mencatat semua yang kita temuai seperti, mendeskripsikan batuan, letak singkapan, hasil pengukuran struktur, cuca dan lain lian yang perlu kita catat sesuai denga fungsi buku itu sendiri, buku lapangan juga dapat membantu kita dalam mengukur strike/dip dan juga dapat digunakan untuk menggambar sketsa singkapan yang kita temukan.
Alat tulis adalah alat yang mesti dubawah saat kelapangan karna untuk apa ada buku kalau tidak ada alat tulisnya.


6             Peta
Peta masih memiliki hubungan dengan GPS karna dengan peta kita dapat mengetahui posisi kita di mana saat kita telah di ploting oleh GPS dan juga agar kita tahu dimana batas kaplingan pemetaan kita.



 8          SEPATU LAPANGAN
Pada saat ke lapangan harus benar benar sepatu lapangan yang digunakan karna bagian tubuh kita yang berkontak langsung dengan tanh adalah kaki, dan jangan sampai kita menggunakan sepatu kuliah karna tidak akan dapat bertahan.

9             Kamera
Alat ini selain digunakan untuk mempublikasikan semua singkapan dilapangan dan lokasi lokasi pengamat di lapangan juga digunakan untuk mengabadiakan hal hal yang unik yang ada dilapangan karena dilapangan merupakan suatu keaddan yang alami dan itu sangat indah.

10 Tas Ransel
Ini adalah alat yang paling vital diantara alat vital kenapa karna tanpa ada tas ini semua benda yang kita bawah mau kita letakkan kemana ? dan juga harus menggunakan tas yang memang didesain untuk dilapangan jang smapai menggunakan tas kuliah. Karna yang pasti tidak akan cukup dan tidak akan kuat untuk menehaan beban yang dibawah.

 11  Pembahasan terhadap peralatan geologi di lapangan
jadi kesimpulan yang dapat kita ambil adalah bahwa pada saat akan ke lapangan dalam urusan apapun seperti tugas akhir, pemetaaan ataupun hanya ingin menikmati kealamian alam jangan sampai melupakan alat-alat yang sudah di katakan seperti yang diatas.
Jangan sampai salah ataupun ketinggalan misalkan salah memakai sepatu lapangan bisa bisa hanya bertahan selam dua hari dilapangan.
Ketinggalan GPS ataupun Kompas geologi, itu hal konyol yang membuat pekerjaan kita tertunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar