Rabu, 27 Februari 2013

Daur Batuan

Batuan sendiri secara umum dibedakan menjadi 3 jenis batuan.
1. Batuan Beku,
yakni batuan yang langsung berasal dari pembekuan magma. pada dasarnya batuan beku di bagi menjadi batuan beku felsic, intermedite dan mafic. hal ini berdasarkan dari tempat pembekuan magma itu sendiri. untuk membedakan antara felsic dan mafic sangat la jelas pada batuan felsic terlihat lebih terang dan kecil karna pada saat pembekuan batuan ini tidak memiliki waktu yang lama sehinhha terbentuk tidak terlalu besar dan pada warna yang cerah karna batuan ini terbentuk diluar atau pada zona vulkanik. sedangkan pada batuan mafic terlihat gelap karena terbentuk dizona plutonik sehingga memiliki waktu yang sangat banyak untuk membentuk sebuah batuan oleh karena itu batuan mafic itu terlihat lebih besar di banding dengan batuan felsic.
2. Batuan Sedimen.
sekuat-kuatnya batuan beku pada akhirnya akan mengalami pelapukan juga. batuan sedimen berasalkan dari batuan beku juga yang telah lapuk dan tertransport lalu mengendap dan mengalami pembekuan atau kristalisasi. pada batuan sedimen bukan hanya batuan beku saja. tapi juga dapat berupa cangkang hewan yang telah wafat. batuan sedimen merupakan batuan yang paling banyak berada di muka bumi kita. sekitar 75% muka bumi kita terdiri dari batuan sedimen.
3. Batuan Metamorf .
batuan ini berasal dari batuan beku dan juga batuan sedimen yang tertimbun kedalam tanah dan lama lama mengalami tekanan dan suhu yang sangat panas sehingga batuan itu mengalami melting dan kembali lagi menjadi magma.

ini la sebuah daur ulang dari batuan yang berasal dari magma dan kembali ke magma.
seperti kita yang berasal dari Allah SWT dan akan Kembali ke Allah SWT.


Geologi Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar